PELATIHAN PEMASARAN PRODUK BERBASIS DIGITAL DI KELURAHAN GEBANG, MASARAN, SRAGEN

Penulis

  • Septiana Novita Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
  • Aris Tri Haryanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
  • Ambar Wariati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1.3552

Abstrak

Pengabdian ini merupakan pengabdian lanjutan dari proses pengabdian sebelumnyam bahwa di Kelurahan Desa Gebang memiliki potensi untuk ditingkatkan UMKM makanan ringan.  Dengan adanya peningkatan UMKM di Kelurahan Gebang, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya. Akan tetapi dalam pemasaran produk UMKM masyarakat di Kelurahan Gebang belum diimbangi dengan adanya pemanfaatan alat tekhnologi, sehingga proses pemasaran belum optimal. Hal ini disebabkan karena rata-rata pelaku UMKM memiliki usia yang tidak muda lagi, sehingga perlu pendampingan yang lebih ekstra. Pada saat era milineal ini, semua disajikan secara praktis dan efisien yaitu dengan memanfaatkan tekhnologi informasi. Seperti pemasaran melalui akun facebook, Instagram, website, twitter dan lain-lain. Hal ini bertujuan bahwa dengan menggunakan tekhnologi informasi, semua informasi produk dapat tersampaikan secara luas, baik tingkat nasional maupun internasional. Permasalahan yang utama ketika UMKM tidak memanfaatkan tekhnologi informasi dengan baik adalah mereka hanya bisa menjual produknya secara lokal dan jenis-jenis produk yang dijual tidak tersampaikan secara luas. Dalam mensiatasi kompetensi bisnis di era digital diharapkan seluruh UMKM memahami dan menggunakan digital marketing dengan baik, agar mereka mampu bersaing dengan baik hingga mencapai keunggulan k;ompetitif lebih maksimal. Materi yang diberikan kepada UMKM di Kelurahan Desa Gebang adalah tujuh konsep pemasran ampuh dengan metode digital, diantaranya adalah Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Pembuatan Konten, Mobile Marketing, Email Marketing, Affiliate Marketing, Pemasaran Media Sosial

UMKM, Digital Marketing, Kelurahan Gebang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Febriyantoro, (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara Vol 1 No 2, Desember 2018 http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Gartner, 2020. Internet of Things.

Peta Kab. Sragen: www.google.kab.sragen.co.id (Diakses pada tanggal 18 April 2019)

Purwana, Rahmi dan Aditya, (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) E-ISSN: 2580-4332 Vol. 1 No. 1 Juli 2017 DOI: doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

https://drife.co.id/blog/7-konsep-pemasaran-ampuh-di-era-digital/ diakses 04 Mei 2019

Wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-09

Cara Mengutip

Dewi, S. N., Haryanto, A. T., & Wariati, A. (2020). PELATIHAN PEMASARAN PRODUK BERBASIS DIGITAL DI KELURAHAN GEBANG, MASARAN, SRAGEN. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1.3552

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama