Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Lanjut Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3363Abstrak
Sebagai seorang guru perlu memahami penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan upaya untuk mengatasi masalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara individu maupun kelompok yang dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk : 1). Membantu para guru dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran; 2). Melatih para guru Sekolah dasar agar memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Target yang akan dicapai pada pengabdian masyarakat ini adalah 75 % dari sejumlah guru Sekolah Dasar di kecamatan Sukoharjo peserta diklat dapat melakukan penelitian tindakan kelas. Pengabdian kepada masyarakat ini sasarannya adalah para guru Sekolah Dasar di kecamatan Sukoharjo yang telah mengikuti diklat pada tingkat dasar sejumlah 50. Adapun yang menjadi mitra dalam kegiatan ini adalah Dinas pendidikan kecamatan Sukoharjo. Teknik yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi diskusi, penugasan, pendampingan dan pembimbingan. Hasil pengabdian masyarakat ini, menunjukkan bahwa : 1). Secara proses para guru mengikuti pelatihan secara baik, taat azas dan mempunyai motivasi yang tinggi; 2). Dari 50 guru yang mengikuti pelatihan penelitian tindakan kelas 35 guru dapat melakukan penelitian dengan benar. Sedangkan 15 guru sudah mampu menyususn proposal penelitian tetapi belum dapat melakukan penelitian dengan benar.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Referensi
Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Punaji Setyowati. (2012). Metode Penelitian pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Rameli Agam. (2009). Menulis Karya Ilmiah. Yogjakarta : Famelia Pustaka
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabrta
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta. Diva Prees.
Unduhan
Diterbitkan
2019-12-28
Cara Mengutip
Wartoyo, S. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Lanjut Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Sukoharjo. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 99–101. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3363
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.