Tahap –Tahap Bimbingan Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3353Abstrak
Judul Pengabdian ini adalah “: Mengenal Multiple Intelligences untuk mengembang– kan Bakat dan Minat Anakâ€
Khalayak sasaran dalam program pengabdian ini adalah Masyarakat Non Produktif yaitu guru dan orang tua peserta didik TK Lakshmi 7 Surakarta. Mereka perlu diberi tambahan pengetahuan dikarenakan guru TK Lakshmi 7 tidak berlatar belakang S1 Pendidikan, melainkan guru TK Lakshmi 7 hanya dari SMK,        Sedangkan Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Ceramah/penyuluhan, diskusi dan pelatihan..
Sebagai evaluasinya dipergunakan angket dan observasi untuk menjajaki cara mengimplementasi mereka dilapangan setelah ada penyuluhan.
           Hasil dari pengabdian ini orang tua dan guru dapat memahami pentingnya Multiple Intelligence untuk mengembangkan bakat sdan minat anak. Sedangkan dari hasil penyebaran angket didapat hasil sebagai berikut 77,8% (21 Orang tua dan guru) dapat memahami Multiple Intelligence.
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pengabdian Mengenal Multip\Intelligences untuk mengembang– kan Bakat dan Minat Anakâ€pada orang tua peserta didik dan guru TK Lakshmi 7 Turisari Surakarta berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pelatihan yang diikuti oleh 27 orang , 24 orang (88,89%) diantaranya sdh memahmi baik teori maupun prakteknya sedangkan yang 3 orang (11,11%) kurang menguasai dikarenakan tidak rutin hadir dalam pertemuanUnduhan
Referensi
Abu Ahmadi, Widodo Supriyono, 2004, Psikologi Belajar edisi revisi, Jakarta : PT Rineka Cipta
Cece Wijaya, 2007, Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber daya
Manusia, Bandung :PT Remaja Rosdakarya
Ernawulan Syaodih, 2003, Bimbingan di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Peningkatan
Pendidikan TenagaKependidikan
Muhibbin Syah, 2004, Psikologi Belajar, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada
Mulyono Abdurrahman, 2003, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : PT
Rineka Cipta
Syaiful Bahri Djamarah, 2002, Psikologi Belajar, Jakarta : PT Andi Mahasatya
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.