PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KOMPOTENSI PROFESI GURU PADA GURU SMP WIDYAWACANA I SURAKARTA

Penulis

  • Siti Supeni & Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2516

Abstrak

Tujuan pengabdian pada masyarakat (PPM) ini adalah memberdayakan masyarakat khusunya para guru SMP Widyawacana 1 yang sebagian besar belum banyak yang memahami tentang penulisan karya ilmiah, dan penulisan laporan kegiatan yang lain yang berkaitan dengan pengembangan kompetensinya di bidang peningkatan kompetensi profesi guru. Target khusus PPM ini adala.h para guru SMP Widyawacana 1 di Surakarta yang belum memahami tentang penulisan karya ilmiah. Metode dalam pengabdian ini adalah pelatihan, pendampingan, dan diskusi dalam melakukan inovasi semua program pemberdayaan profesi guru yang akan dilaksanakan dalam satu hari dengan melibatkan dua dosen PPKn FKIP Unisri dan satu mahasiswa, melalui program ketrampilan membuat karya ilmiah dalam menulis artikel, makalah, laporan, dan pembuatan proposal PTK. Kemajuan (Progress) pengabdian ini diukur dari (1) peningkatan ketrampilan guru dalam memahami penulisan karya ilmiah, (2) manajemen tata cara penulisan, (3) project yang berupa praktik penulisan proposal dan karyailmiah di akhir pelatihan, dengan menerapkan nilai pre-test dan post-test dilaksanakan pada pertemuan, (4) peningkatan kesadaran menulis, (5) peningkatan peran serta guru, (6) terwujudnya karya ilmiah yang siap dipublikasikan.
Kata Kunci: pemberdayaan guru, penulisan karya ilmiah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-31

Cara Mengutip

Yusuf, S. S. &. (2018). PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KOMPOTENSI PROFESI GURU PADA GURU SMP WIDYAWACANA I SURAKARTA. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 174–183. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2516

Terbitan

Bagian

Artikel