Implementasi Digitalisasi Pemasaran Dan Pelatihan Packaging Dalam Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kreatif Produk D & R Snack

Penulis

  • Ilham karin rizkiawan Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Nurul Aisah Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Fahman Hadi Utomo Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Farid Muhammad rofifudin Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.13331

Abstrak

UMKM pada industri kreatif berkembang begitu pesat, tingkat literasi sangat berpengaruh terhadap tingkat pemahaman dan wawasan seseorang sehingga dapat berdampak positif dalam perkembangan ekonomi dan lingkungan tidak terkecuali pada UMKM D&R Snack. Permasalahan utama pada usaha UMKM D&R Snack adalah kurangnya pemahaman tentang digitalisasi pemasaran serta minimnya kemampuan dalam membuat packaging yang menarik calon konsumen sehingga barang yang di jual cenderung memiliki tampilan yang sama sehingga membuat diferensiasi produk sangat minim sehingga sulit mendapatkan konsumen yang loyal. Solusi yang di tawarkan kepada mitra adalah melakukan sosialsiasi digital marketing, pelatihan packaging dan pendampingan secara berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan UMKM D&R Snack untuk mengaplikasikan penggunaan digital marketing serta memperbaiki packaging yang di jual ke konsumen sehingga dapat memiliki identitas produk serta memiliki pangsa pasar yang lebih luas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-09-29

Cara Mengutip

Ilham karin rizkiawan, Aisah, N., Hadi Utomo, F., & Muhammad rofifudin, F. (2025). Implementasi Digitalisasi Pemasaran Dan Pelatihan Packaging Dalam Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kreatif Produk D & R Snack . Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(2), 89–97. https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.13331