Pentingnya Packaging Yang Menarik Dan Ditigal Marketing Pada Kerupuk Lala 73

Penulis

  • Mahfudlah Fajrie Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Citra Permatasari Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Nafissatus Zahro Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ryan Artalopa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Isnan Fibrian Noor Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Eka Putri Zuniawati Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Edo Rizqi Afrizal Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Miftakhul Huda Nur Asri Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Bahrul Ilmi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Fatkhurridlo Mahendra Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Puspitaning Tiyas Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Tyas Wahyudi Khalif Akbar Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Rizieq Hussain Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ainur Rohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Zidan Fathur Rohman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Lisna Amanda Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.12118

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran krusial dalam perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi kendala dalam aspek pemasaran dan branding produk. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh UMKM di Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Welahan, adalah minimnya inovasi dalam desain kemasan serta kurangnya pemanfaatan strategi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk UMKM, khususnya Kerupuk Lala 73, dengan mengembangkan desain kemasan yang lebih menarik serta menerapkan strategi digital marketing. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini mencakup observasi, pendampingan, pelatihan, dan evaluasi terhadap pelaku UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembaruan pada desain label dan kemasan mampu meningkatkan daya tarik produk, sedangkan pemanfaatan platform digital seperti TikTok, Facebook, dan marketplace lainnya berhasil memperluas jangkauan pasar. Dengan strategi pemasaran digital yang tepat, produk UMKM berpotensi lebih dikenal luas dan memiliki peluang yang lebih besar dalam meningkatkan penjualan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-09-25

Cara Mengutip

Fajrie, M., Permatasari, C., Zahro, N., Artalopa, R., Fibrian Noor, I., Putri Zuniawati, E., … Amanda, L. (2025). Pentingnya Packaging Yang Menarik Dan Ditigal Marketing Pada Kerupuk Lala 73 . Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.12118