OPTIMALISASI TREN INVESTASI GENERASI Z PADA AMGPM RANTING SION DALAM ERA DIGITAL: STRATEGI LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

OPTIMALISASI TREN INVESTASI GENERASI Z PADA AMGPM RANTING SION DALAM ERA DIGITAL: STRATEGI LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Penulis

  • Martha Racwel Patty Universitas Pattimura
  • Anna Valensia Christianty de Fretes Universitas Pattimura
  • Sabda Kurniawan Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v9i1.11901

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan generasi Z, khususnya dalam memahami dan menggunakan platform investasi digital secara bertanggung jawab. Fokus utama kegiatan ini adalah generasi muda di Desa Poka, yang merupakan anggota Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM). Berdasarkan analisis awal, ditemukan bahwa mayoritas peserta memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah hingga sedang, dengan kurang dari 30% memahami konsep dasar investasi. Program pengabdian ini dirancang menggunakan metode sosialisasi dan simulasi untuk memperkenalkan konsep investasi, aplikasi investasi yang terdaftar di OJK dan BAPPEBTI, serta strategi aman berinvestasi secara online. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan literasi keuangan sebesar 40%, dengan lebih dari 75% peserta berhasil mempraktikkan langkah-langkah investasi melalui simulasi. Sebanyak 85% peserta mengaku lebih percaya diri memulai investasi setelah mengikuti simulasi. Meskipun program ini berhasil meningkatkan literasi keuangan, pelatihan lanjutan disarankan untuk mendukung keberlanjutan dampak, terutama dalam strategi diversifikasi portofolio dan pengelolaan risiko.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Patty, M. R., de Fretes, A. V. C., & Kurniawan, S. (2025). OPTIMALISASI TREN INVESTASI GENERASI Z PADA AMGPM RANTING SION DALAM ERA DIGITAL: STRATEGI LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT : OPTIMALISASI TREN INVESTASI GENERASI Z PADA AMGPM RANTING SION DALAM ERA DIGITAL: STRATEGI LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT . Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(1), 121–127. https://doi.org/10.33061/awpm.v9i1.11901