Penggunaan Metode Bermain Word-Grouping Dan Whispering Untuk Meningkatkan Penguasaan Nursing Vocabulary Pada Siswa Di Smk Kesehatan Bali Medika Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v9i1.11480Abstrak
Pembelajaran bahasa Inggris di SMK bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan berbahasa yang dapat mendukung kompetensi bidang keahlian tertentu yang dimiliki siswa secara maksimal. Namun, di beberapa sekolah vokasi/kejuruan seperti SMK Kesehatan Bali Medika, pengajaran bahasa Inggris tidak dirancang sebagai English for Specific Purposes (ESP), sehingga dirasa kurang memadai untuk membekali siswa agar dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam pekerjaan mereka nantinya. Selain itu, para guru di sekolah ini juga mengungkapkan bahwa sulit untuk menemukan jenis kegiatan yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi menarik, dan juga sulit untuk memilih materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa sebagai calon asisten perawat. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang inovatif untuk membantu para guru menyampaikan materi pelajaran yang sesuai dan relevan dengan karir siswa. Pembelajaran dengan metode bermain seperti pengelompokan kata (word-grouping) dan berbisik (whispering) dilakukan di kelas untuk mengajarkan siswa kosakata khusus terkait dengan keperawatan. Pada saat evaluasi, para siswa melaporkan bahwa pembelajaran kosakata keperawatan melalui kegiatan mengelompokkan kata dan berbisik sangat menyenangkan, dan mereka dapat memahami materi dengan sangat baik. Kegiatan pembelajaran ini membantu memperkaya kosakata keperawatan mereka dan mereka juga menyatakan sangat puas dengan pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan dalam program ini.
Kata kunci: ESP, metode bermain, kosakata keperawatan, word-grouping, whispering
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Kadek Ary Susandi; Putu Rusanti, I Gusti Agung Galuh Wismadewi, Ni Wayan Novi Suryati (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.










