Transformasi Kreativitas Siswa melalui Pelatihan Jurnalistik: Mengembangkan Literasi Digital di SMAN 1 Samaturu

Penulis

  • Agus Nasir Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Muhammad Yasir Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Ayu Rahayu Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Arma Wangsa Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Sarah Alvia Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v8i2.11131

Abstrak

Beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang terus berubah serta mengasah literasi digital adalah keharusan bagi siswa SMAN 1 Samaturu agar tidak tertinggal di dunia yang semakin digital. Namun, tantangan yang dihadapi adalah kurangnya program pengembangan literasi jurnalistik digital, padahal bidang ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi dan memberikan keterampilan praktis bagi siswa. Minimnya pelatihan jurnalistik, seperti menulis artikel, wawancara, dan mengelola media sekolah, mengurangi kesempatan siswa untuk belajar di bidang ini. Untuk mengatasi hal ini, pelatihan jurnalistik digital diadakan pada 13 Agustus 2024 dengan 50 siswa. Kegiatan ini mencakup perencanaan, pelatihan, dan evaluasi. Hasilnya, siswa dapat mengenali potensi diri di bidang jurnalistik. Siswa tidak hanya belajar menulis dan menyunting artikel, tetapi juga mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, dan mengolah informasi secara kritis. Mereka menjadi lebih peka terhadap sumber informasi yang akurat, memahami struktur narasi yang baik, dan mengasah keterampilan komunikasi, sehingga literasi digital mereka meningkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Nasir, A., Yasir, M. ., Rahayu, A. ., Arma Wangsa, & Sarah Alvia. (2024). Transformasi Kreativitas Siswa melalui Pelatihan Jurnalistik: Mengembangkan Literasi Digital di SMAN 1 Samaturu. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 71–77. https://doi.org/10.33061/awpm.v8i2.11131