Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Muhammadiyah 01 Jember

Penulis

  • Fatqurhohman Fatqurhohman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Henri Fatkurochman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Falestin Al-Zakiyah Prastzuba Universitas Muhammadiyah Jember
  • Putri Holifatur Diniyah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v9i1.10705

Abstrak

Peran SDM guru (pendidik) dalam kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 5.0 menjadikan bagian terpenting di dunia pendidikan sebagai bentuk perubahan peradaban bangsa, karena sebagai pelaksana keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Kebijakan pemerintah dalam merdeka belajar mengharapkan dapat memberikan dampak positif melalui berbagai kegiatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi, kompetensi, dan karakter. Oleh karena itu, pengabdian ini memberikan salah satu bentuk pelayanan melalui sosialisasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Hasil Pengabdian ini telah memberikan pemahaman akan pentingnya dilakukan gerakan literasi sekolah secara masif melalui penyediaan akses terhadap bacaan dan penyediaan sarana kepada siswa. Kegiatan ini telah melakukan penguatan akan pentingnya kompetensi guru dalam mengembangkan dan menerapkan ide-ide terhadap budaya literasi di sekolah melalui lingkungan yang kaya teks, lingkungan sosial afektif, lingkungan akademik yang tepat sesuai kurikulum merdeka, dan penyedia sarana lingkungan berkarya (makerspace). Sehingga adanya kegiatan pengabdian ini dapat memberikan dampak positif bagi sekolah terutama guru sebagai pelaksana keberhasilan proses pembelajaran di kelas dalam meningkatkan kompetensi siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

File Tambahan

Diterbitkan

2025-05-24

Cara Mengutip

Fatqurhohman, F., Fatkurochman, H., Prastzuba, F. A.-Z., & Diniyah, P. H. (2025). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.33061/awpm.v9i1.10705