Pentingnya Kolaborasi: Guru sebagai Agen Kunci dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v8i1.10210Abstrak
Digital marketing semakin marak menggantikan pemasaran offline. Salah satu tantangan klasik yang dihadapi oleh sekolah swasta adalah kesulitan dalam penerimaan peserta didik. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan peran serta guru dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sesi strategi pemasaran, sesi motivasi guru, dan workshop pembuatan media audiovisual dengan mobile phone. Kegiatan abdimas diselenggarakan 2 Januari 2024, diikuti oleh 34 peserta, terdiri dari pimpinan, guru, dan tenaga kependidikan di SMK PMB Kutoarjo, SMP PMB Pituruh, dan SMP PMB 1 Kutoarjo. Data kuesioner dianalisis secara deskriptif. Hasil pelatihan menunjukkan sebagian besar guru (94,1%) bersedia berpartisipasi dalam digital marketing PPDB dengan cara membagikan media promosi (65,6%), membuat media promosi (59,4%), membuat video (50%), serta melibatkan siswa dalam pembuatan media (31,3%) dan membagikan media (43,8%). Upaya meningkatkan peran serta guru dalam PPDB membutuhkan komitmen pribadi sekaligus dukungan pimpinan dan pemangku kebijakan. Kolaborasi guru sebagai agen utama melibatkan teman guru, siswa, dan alumni.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lucia Sincu Gunawan, Narimo Narimo, Rosita Yuniati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.