Model Desain Kemasan Untuk Pelaku Usaha Kerupuk Mie Karadenan Bogor di Era New Normal

Authors

  • Iis Purnengsih Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Dendi Pratama Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Nurulfatmi Amzy Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Pandu Pramudita Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4595

Abstract

Seiring era adaptasi kebiasaan baru (new normal) akibat pandemi Covid-19. pelaku industri kecil menengah (IKM) selain mengedepankan fungsi pada umumnya juga harus dapat memperhatikan desain produknya agar dapat mendukung penerapan protokol kesehatan. Sebab, dengan desain yang menarik, daya saing dan nilai jual produk diyakini akan meningkat karena itu desain produk IKM mulai dituntut untuk bisa mendukung implementasi protokol kesehatan. Tujuan artikel ini adalah merancang model desain kemasan untuk para IKM kerupuk mie Karadenan Bogor di era new normal. metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian berbasis praktik (Practice Based Research) dalam upaya mencari informasi, menganalisa data dan memecahkan permasalahan. Dengan komposisi elemen grafis, tipografi, ilustrasi yang epiks sehingga menghasilkan model desain kemasan kerupuk mie yang menarik dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iis Purnengsih, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Desain Komunikasi Visual

Nurulfatmi Amzy, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Desain Komunikasi Visual

References

Hartono, J. 2005. Sistem Informasi Strategi Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi offset.

Koswara. 2009. Pengolahan Aneka Kerupuk. Ebook pangan.com.

Rustan, Surianto. 2008. Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan & Promosi, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Airlangga.

Sholikatin, Waamilus. 2019. “PERANCANGAN KEMASAN PRODUK KRIPIK MAKRONI SPIRAL MAKECI.†DESKOVI : Art and Design Journal 2(2): 73–80.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. 2010. Desain Komunikasi Visual, Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Published

2021-04-01

How to Cite

Purnengsih, I., Pratama, D., Amzy, N., & Pramudita, P. (2021). Model Desain Kemasan Untuk Pelaku Usaha Kerupuk Mie Karadenan Bogor di Era New Normal. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.33061/awpm.v5i1.4595

Issue

Section

Artikel