MEMBERIKAN PENDALAMAN KREATIFITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK

Authors

  • M Hery Yuli Setiawan Universitas Slamet Riyadi
  • Feri Faila Sufa

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3870

Abstract

Pengabidan Kepada Masyarakat ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pendalaman kreativitas pendidik dalam pelaksanaan pembelajaan saintifik pada kurikulum 2013. Pengbdian ini sebagai tindak lanjut dari penelitian sebelumnya yang telah dilaksanakan  tentang peningkatan kreatifitas guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini didahului dengan koordinasi kepada pimpinan lembaga dan melakukan perjanjian kerja sama dalam berbagai bidang salah satunya pelatihan melalui pengabdian pada masyarakat ini.

Pada kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di RA Al Islam 3 Gebang, pengabdian ini menggunakan metode kolaboratif dengan melakukan pengalian informasi untuk mengetahuai pemahaman guru tentang kreativitas pendidik dalam pembelajaran saintifik pada implementasi kurikulum 2013. Dilanjut dengan memberikan materi mengenai kreativitas pendidik dalam pembelajaran saintifik pada implementasi kurikulum 2013. Kemudian mempraktekan kegiatan pembelajaran dengan pembelajaran santifik. Tindak lanjutnya akan dilakukan monitoring oleh mahasiswa seberapa luas penyebaran IPTEK yang telah diberikan

Hasil dari Pengabidan ini adalah peningkatan pemahaman guru tentang perlunya peningkatan kreativitas guru dalam melaskanakan pendekatan saintifik berbasis kurikulum 2013. Sehingga guru dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang kreatif, harapanya Iptek yang telah disampaikan dapat di sebarkan oleh mitra.

Kata Kunci : Saintifik, Kreativitas guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak usia dini. 2011. Petunjuk teknis Orientasi teknis peningkatan pemahaman program penguatan PAUD berbasis keluarga (Parenting). Kementrian pendidikan nasional.

Hurlock, Elizabeth B. 1995. Perkembangan anak jilid 1 dan 2. Jakarta : Penerbit Erlangga. Terjemahan, Editor Agus Dharma. Judul asli: Child evelopment

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. Edisi X Tahun 2016

Yuliani Nurani Sujiono, MPd. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks

Anonim. 2011.Konsep, Fungsi Dan Prinsip Bimbingan Di Taman Kanak-Kanak https://massofa.wordpress.com/2011/01/05/konsep-fungsi-dan-prinsip-bimbingan-di-taman-kanak-kanak/. Di akses tanggal 16 Januari 2018.

http://jogja.tribunnews.com/2016/10/18/setiap-anak-lahir-dengan-potensi-dan-keunikan-berbeda. setiap anak lahir dengan potensi dan keunikan berbeda. selasa, 18 oktober 2016 23:54

Downloads

Published

2020-08-01

How to Cite

Setiawan, M. H. Y., & Sufa, F. F. (2020). MEMBERIKAN PENDALAMAN KREATIFITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1a), 66–71. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3870