Metode Braistorming Tertulis: Teknik Curah Pendapat Dengan Memaksimalkan Keterlibatan Semua Peserta Dalam Pengambilan Keputusan
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3365Abstract
Metode Brainstorming dikenal juga dengan metode curah pendapat atau sumbang saran. Hanya saja brainstorming kali ini dialakukan dengan cara tertulis. Tidak secara lisan. Berbeda dengan diskusi, dimana gagasan dari seseorang dapat ditanggapi (didukung, dilengkapi, dikurangi, atau tidak disepakati) oleh peserta lain, pada penggunaan metode Brainstorming pendapat orang lain tidak untuk ditanggapi. Metode ini berdasarkan pendapat bahwa sekelompok manusia dapat mengajukan usul lebih banyak dari anggotanya masing-masing. Dalam metode ini disajikan sebuah soal. Lalu para peserta diajak untuk mengajukan _dea pa pun mengenai soal itu, tidak peduli seaneh apapun ide itu. Ide-ide yang aneh tidak ditolak secara apriori, tetapi dianalisis, disintesis dan dievaluasi. Boleh jadi pemecahan yang tidak terduga yang akhirnya munculâ€. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming adalah suatu bentuk diskusi dimana peserta didorong untuk menyatakan gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman serta ide-ide mengenai suatu masalah tanpa adanya penilaian dari pesertalain. Hanya saja brainstorming yang dicoba dikenalkan adalah dengan cara tertulis. Tujuan penggunaan metode Brainstorming ialah “menguras habis segala sesuatu yang dipikirkan oleh peserta didik dalam menggapi masalah yang dilontarkan kepadanyaâ€. Agar tujuan dalam penerapan metode Brainstorming dapat tercapai maka perlu adanya aturan yang diperhatikan. Hal ini dimaksudkan agar metode Brainstorming dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan yang diharapkan dapat terealisasi.Downloads
References
Allman Barbara dan Freeman S. , Menjadi Guru Kreatif. Golden Book, Jogjakarta, 2010
B. Uno Hamzah , Perencanaan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2010
Dananjaya, Utomo, Media Pembelajaran Aktif. Nuansa. Bandung, 2012
Djamarah, S.B dan Zain, AStrategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta, 2010
Fathurrohman. P dan Sobry, S., Strategi Belajar Mengajar. PT. Refika Aditama,Bandung, 2007
Madjid, A, Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011
Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. PT. Gramedia. Jakarta, 1985
Nurdin, Syafrudin., Model Pembelajaran Dengan Memperhatikan Keberagaman, 2004
Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya,Bandung
Roestiyah N.K., Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.Jakarta, 2012
Soebani, B. A, Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Subana dan Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. CV Pustaka Setia. Bandung, 2009.
Sudjana, N, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo, Bandung, 1998
Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa. PT. Bumi Aksara. Jakarta, 2009
Supriyadi Strategi Belajar Mengajar. Cakrawala Ilmu, Yogyakarta, 2011
Surjadi, A, Membuat Siswa Aktif Belajar. Mandar Maju, Bandung, 1989
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Kencana, Jakarta, 2009
———-,Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta, 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.