OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM MENDIDIK KARAKTER SISWA MELALUI MEDIA TEMBANG MACAPAT PANGKUR
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3193Abstract
Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran guru dalam mendidik karakterpeserta didik melalui media tembang macapat pangkur di SDN 02 Gaum Tasikmadu Karanganyar. Peran
guru di sekolah sangat berpengaruh pada kemajuan dan perkembangan karakter peserta didik untuk
mengenali dan mencintai seni dan budaya daerahnya. Selama ini kadang-kadang guru di sekolah hanya
sekedar melaksanakan kewajiban mengajar dengan tuntutan ketercapai ketuntasan materi pembelajaran.
Artinya bahwa guru di sekolah kurang maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran terutama media
berbasis seni untuk mendidik karakter peserta didik. Kondisi ini diperoleh berdasarkan hasil survey yang
awal yang dilakukan di SDN 02 Gaum Tasikmadu Karanganyar. Pengabdian ini dilakukan di SDN 02 Gaum
Tasikmadu Karanganyar. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (1) metode pendekatan yang dilakukan
mulai tahap survei, dan perijinan, dan (2) metode pelaksanaan program, meliputi tahap pendahuluan, tahap
sosialisasi dan audiensi, tahap pelaksanaan dan kolaborasi, dan tahap evaluasi. Target luaran yang dihasilkan
adalah 9 guru dari 12 guru yang mengikuti pelatihan ini mampu menyusun materi pembelajaran seni berbasis
kearifan lokal. Luaran yang dihasilkan berupa materi pembelajaran seni tembang macapat pangkur serta
publikasi artikel pengabdian dalam jurnal ilmiah. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan dapat
memberikan penguatan pemahaman pada guru-guru tentang betapa pentingnya pendampingan dalam
menanamkan karakter peserta didik. Kondisi tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa apabila peserta didik
didekatkan dan diajarkan tentang kearifan lokal seperti tembang macapat pangkur, maka pada diri mereka
akan tumbuh karakter baik yaitu kecintaan terhadap seni dan budaya daerahnya.
Kata Kunci: Peran guru, pendidikan karakter, media tembang macapat pangkur.
Downloads
References
Barnawi & M. Arifin, 2012. Strategi &
Kebijakan Pembelajaran Pendidikan
Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Furqon Hidayatullah, 2010. Pendidikan
Karakter: Membangun Peradaban
Bangsa. Surakarta: PT. Yuma Perkasa.
http://www.longlifeducation.com/2011/12/temba
ng-macapat pangkur.htm?m=1
http://megayumalia.blogspot.co.id/2015/08/bah
asa-jawa-tembang-pangkurpangertene.
htmI?m=1
Jamal Ma’mur Asnani, 2012. Buku Panduan
Internalisasi: Pendidikan Karakter di
Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
LPPM UNISRI.2013. Panduan Penelitian dan
Pengabdian Pada Massyarakat.
Surakarta. Universitas Slamet Riyadi.
Masnur Muslich, 2011. Pendidikan Karakter:
Menjawab Tantangan Krisis
Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
M. Noor Rohinah, 2012. Mengembangkan
Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah
dan di Rumah. Yogyakarta: PT. Pustaka
Insan Madani.
Ida Zusnani, 2012. Manajemen Pendidikan
Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta:
Tugu Publisher.
Setiyoko Fajar. 2017, Kumpulan Tembang
Macapat Lengkap dengan Penjelasan
dan Contohnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.