Pengaruh Media Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Siswa Sdn 05 Pancur Batu Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps)

Authors

  • Eliska Eliska Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Savina Talitha Jasmine Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Jelita Suryani Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Selvia Ramadani State Islamic University of North Sumatra
  • Putri Suci Ramadiah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.13284

Abstract

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah cara hidup yang bersih dan sehat yang efektif dalam mencegah penyakit menular, khususnya pada anak usia sekolah. Studi ini menyelidiki bagaimana media video edukasi berdampak pada peningkatan pengetahuan siswa SDN 05 Pancur Batu mengenai CTPS. Metode penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan one-group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 31 responden yang diberikan pretest, intervensi berupa video edukasi CTPS, dan posttest. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan skor rata-rata pengetahuan dari 8,13 pada pretest menjadi 8,71 pada posttest. Uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan (p-value = 0,001). Analisis N-Gain memperlihatkan sebagian besar siswa berada pada kategori sedang, dengan satu siswa mencapai kategori tinggi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media video edukasi cukup berhasil untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai CTPS, meskipun diperlukan strategi pendukung lain seperti diskusi dan praktik langsung agar peningkatan lebih merata.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Eliska, E., Talitha Jasmine, S., Suryani Siregar, J., Selvia Ramadani, & Suci Ramadiah, P. (2025). Pengaruh Media Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Siswa Sdn 05 Pancur Batu Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps). Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9(2), 107–113. https://doi.org/10.33061/awpm.v9i2.13284