Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Muhammadiyah 01 Jember
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v9i1.10705Abstrak
Peran SDM guru (pendidik) dalam kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 5.0 menjadikan bagian terpenting di dunia pendidikan sebagai bentuk perubahan peradaban bangsa, karena sebagai pelaksana keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Kebijakan pemerintah dalam merdeka belajar mengharapkan dapat memberikan dampak positif melalui berbagai kegiatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi, kompetensi, dan karakter. Oleh karena itu, pengabdian ini memberikan salah satu bentuk pelayanan melalui sosialisasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Hasil Pengabdian ini telah memberikan pemahaman akan pentingnya dilakukan gerakan literasi sekolah secara masif melalui penyediaan akses terhadap bacaan dan penyediaan sarana kepada siswa. Kegiatan ini telah melakukan penguatan akan pentingnya kompetensi guru dalam mengembangkan dan menerapkan ide-ide terhadap budaya literasi di sekolah melalui lingkungan yang kaya teks, lingkungan sosial afektif, lingkungan akademik yang tepat sesuai kurikulum merdeka, dan penyedia sarana lingkungan berkarya (makerspace). Sehingga adanya kegiatan pengabdian ini dapat memberikan dampak positif bagi sekolah terutama guru sebagai pelaksana keberhasilan proses pembelajaran di kelas dalam meningkatkan kompetensi siswa
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fatqurhohman Fatqurhohman; Henri Fatkurochman, Falestin Al-Zakiyah Prastzuba, Putri Holifatur Diniyah (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.










