PROMOSI BATIK DANAR HADI DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU MEMBELI PADA ISTRI PEJABAT PEMERINTAH KOTADI KOTA SURAKARTA (Danar Hadi Batik Promotion to Affecting Behavior in Buying The Wife In City Municipal Surakarta Government)
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh Advertizing, Public relation, Sales promotion, Personal selling, Direct marketing dan Karakter segmen konsumen terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah kota Surakarta. Responden dalam penelitian ini adalah istri pejabat pemerintah kota yang juga sebagai anggota Dharma Wanita Persatuan Kota yang suaminya eselon II , III dan IV yang berjumlah 766 dengan Taro Yamane didapat sampel 88 orang.  Metode penelitian survey dengan data kuantitatif  dengan analisis regresi ganda. Landasan dari teori Kotler tentang bauran promosi ( promotion mix ) yang besar pengaruhnya terhadap perilaku membeli , sehingga ingin membuktikan apakah teori tersebut masih terbukti .Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa hipotesis tentang Advertizing, Publik relation , Sales promotion, Personal selling, Direct marketing, Karakter segmen konsumen berpengaruh terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah kota ternyata dari hasil analisa diketahui bahwa Advertizing, Public relation, Sales promotion, Personal selling memang berpengaruh terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah kota Surakarta. Sedang untuk Direct marketing dan Karakter segmen konsumen ternyata tidak berpengaruh terhadap perilaku membeli pada istri pejabat pemerintah kota Surakarta. Hal ini disebabkan  karena Direct marketing melalui internetnya belum banyak yang menggunakan hanya orang-orang tertentu yang merasa penting cari informasi di internet sedang untuk karakter segmen dikarenakan banyak ibu-ibu yang menyukai batik dengan motif dan coraknya tetapi karena batik exklusif harga nya mahal maka tidak semua responden dapat membeli.
Kata Kunci: Batik, Promosi, Perilaku masyarakat