PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN SOFTWARE BSE TEMATIK APPLICATION SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN TEMATIK DAN SARANA MEMBERDAYAKAN BSE DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Sugiaryo, Sutoyo & Ismoyowati

Abstrak

Penelitian pengembangan dan penerapan software BSE Tematik Application ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang menunjang pembelajaran tematik dan memberdayakan Buku Sekolah Elektronik (BSE), sehingga masih dapat digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru SD di Kecamatan Banjarsari kota Surakarta sejumlah 712 orang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 30 orang guru dengan menggunakan metode purposive random sampling. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp yang dimodifikasi dengan menggunakan 5 tahapan, yaitu: (1) preliminary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation, and revision. (5) implementation. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa guru telah siap untuk melaksanakan pembelajaran tematik dengan skor kesiapan kompetensi pedagogik sebesar 81,27% dan skor kesiapan mental 76,07%. Hasil penelitian awal juga menunjukan terdapat kendala pembelajaran tematik dengan kisaran skor 70,37%. Serta guru membutuhkan media dan aplikasi pendukung pembelajaran tematik, dengan skor kebutuhan media cetak 76,30% dan aplikasi pendukung pembelajaran tematik 96,67%. Dari hasil penelitian awal tersebut kemudian dibuat desain software aplikasi yang telah dikoreksi oleh 2 pakar,yaitu pakar kurikulum dan pakar IT. Selanjutnya dibuat software aplikasi kemudian diujicobakan kepada kelompok sampel sehingga menghasilkan software aplikasi yang layak digunakan. Setelah software aplikasi dinyatakan layak untuk digunakan selanjutnya dilakukan sosialisasi melalui pelatihan kepada kelompok populasi sebanyak 712 orang secara bertahap.Kata Kunci : software aplikasi,pembelajaran tematik, BSE

Unduhan

Diterbitkan

2016-01-29

Terbitan

Bagian

Artikel