MODEL ANTESEDEN PEMBENTUK WORD OF MOUTH POSITIF JASA PENDIDIKAN DI UNISRI SURAKARTA
Penulis
Untung Sriwidodo Ernawati
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis pengaruh corporate image terhadap kepuasan mahasiswa, menganalisis pengaruh perceived price terhadap kepuasan mahasiswa, menganalisis pengaruh corporate image terhadap positive WOM menganalisis pengaruh perceived price terhadap positive WOM, menganalisis pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap positive WOM, menganalisis pengaruh corporate image terhadap positive Words of Mouth yang dimediasi kepuasan mahasiswa, menganalisis pengaruh perceived price terhadap positive Words of Mouth yang dimediasi kepuasan mahasiswa. Objek penelitian adalah seluruh mahasiswa Unisri. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penetapan atau kriteria sampel adalah mahasiswa yang sudah menempuh pendidikan pada semester empat ke atas,jumlahnya 104. Analisis data dilakukan dengan uji pengaruh langsung , pengaruh Tidak langsung Hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan: 1) ada pengaruh corporate image terhadap kepuasan mahasisw, p value (0,000) < 0,05. Dengan demikian hipotesis 1 diterima, 2) tidak ada pengaruh perceived price terhadap kepuasan mahasiswa, p value (0,236) > 0,05. Dengan demikian hipotesis 2 ditolak, 3) ada pengaruh corporate image terhadap positive WOM, p value (0,043) < 0,05. Dengan demikian hipotesis 3 diterima, 4) tidak ada pengaruh perceived price terhadap positive WOM, p value (0,422) > 0,05. Dengan demikian hipotesis 4 ditolak, 5) ada pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap positive WOM, p value (0,000) < 0,05. Dengan demikian hipotesis 5 diterima, 6) kepuasan mahasiswa memediasi pengaruh corporate image terhadap positive WOM karena Pengaruh Tidak Langsung (0,341) > Pengaruh Langsung (0,182). H6 diterima. 7) kepuasan mahasiswa tidak memediasi pengaruh perceived price terhadap positive WOM. Pengaruh Tidak Langsung (0,341) > Pengaruh Langsung (0,182), H7 ditolak. Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, perceived value