Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan mahasiswa pada fakultas ekonomi UNISRI Surakarta. Jumlah sampel yang digunakan adalah 40 mahasiswa, dengan asumsi data tersebut sudah cukup mewakili. Prosedur pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kualitas pelayanan yang diberikan fakultas ekonomi adalah cukup baik, hal ini dibuktikan dari seluruh variabel independen yang memiliki nilai koefisien positif. Hal ini berarti bahwa seluruh variabel independen (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy)  mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa tangible variable, reliability, responsiveness, dan empathy) secara sendiri-sendiri tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, yang berarti tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.
Hasil uji secara bersama-sama menunjukan bahwa seluruh variabel independen dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Kontribusi yang diberikan variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa adalah sebesar 74,6 persen.
Â
Kata kunci :Â dimensi kualitas, tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, kepuasan mahasiswa.
Â