MODEL KONSTRUK KOMPETENSI KEJURUAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNOLOGI INDUSTRI
Abstract
ABSTARK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model konstruk kompetensi kejuruan. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari siswa Kelas 2 Jurusan Mesin SMK Pancasila, SMK Bhineka Karya, SMK Warga, dan SMK Murni. Ukuran sampel berjumlah 291 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik ‘proportional random sampling’. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan tes unjuk kerja. Tes tertulis digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan sikap kerja siswa, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dalam membubut dan mengefrais. Teknik analisis data menggunakan ‘Confirmatory Factor Analysis.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada 4 indikator kompetensi kejuruan, yakni pengetahuan prinsip kerja (l=0,664), pengetahuan prosedur kerja (l=0,857), keterampilan praktik membubut (l=0,429), dan keterampilan praktik mengefrais (l=0,177).
Kata kunci: model konstruk, kompetensi, sekolah kejuruan