ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,KUALITAS PRODUK, KOMITMEN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survei tentang UD Gas Elpiji Restuaji Surakarta)
Abstract
Penelitian inii bertujuan untuk menganalisis (1) Menganalisis signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas UD Gas elpiji Restuaji Surakarta. (2) Menganalisis signifikansi pengaruh kualitas kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan UD Gas eipiji Restuaji Surakarta. (3) Menganalisis signifikansi pengaruh komitmen pelanggan terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji restuaji Surakarta. (4) Menganalisis kepercayaan kepercayaan pelanggan dalam memoderasi pengaruh kualitas pelayanana terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji restuaji Surakarta (5) Menganalisis kepercayaan pelanggan dalam memoderasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji Restuaji Surakarta (6) Menganalisis kepercayaan pelanggan dalam memoderasi pengaruh komitmen pelanggan terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji Restu aji Surakarta.
Lokasi penelitian di Wilayah Surakarta dan sekitarnya. Populasi penelitian sebanyak 100 orang yang sekaligus dijadikan sebagai samapel penelitian. Dengan teknik populasi atau sensus. Jenis data menggunakan data kualitatif dan data kuantittaif. Sumber data menggunakan dokumentasi, observasi dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, Koefisiien determinasi dan uji selisih mutlak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan UD Gas Restu aji Surakarta,Yang ditunjuukan dngan P value 0,000 < 0,05 Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji Restuaji Surakarta yang ditunjukkan p value 0,000 < 0,05, Komitmen Pelanggan berpengar signifikan terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji Restuaji Surakarta,yang ditunjukkan Kepercayaan pelanggan memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji Restu aji Surakarta,yang ditunjukkan p value 0,000 < 0,05. Kepercayaan pelanggan memoderasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji Restu aji Surakarta,yang ditunjuukkan p value 0.000 < 0,05 Kepercayaan pelanggan memoderasi pengaruh komitmen pelanggan terhadap loyalitas pelanggan UD Gas elpiji Restu aji Surakarta.yang ditunjukkan p value 0,000 < 0,05
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas produk, Komitmen pelanggan, kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan.