MODEL LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULASI BERTINGKAT UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN INTERPERSONAL SISWA SMK (Studi Pengembangan di SMK PGRI Batang)
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini antara lain: (1) Menghasilkan model layanan bimbingan kelompok teknik simulasi bertingkat untuk meningkatkan kecakapan interpersonal siswa SMK; (2) Mengetahui efektivitas model layanan bimbingan kelompok teknik simulasi bertingkat untuk meningkatkan kecakapan interpersonal siswa SMK PGRI Batang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D). Model layanan bimbingan kelompok teknik simulasi bertingkat untuk meningkatkan kecakapan interpersonal siswa SMK terdiri dari: (1) rasional; (2) tujuan; (3) asumsi dasar; (4) target intervensi dan sasaran layanan; (5) konselor; (6) anggota kelompok; (7) materi, perlakuan, dan teknik; (8) tahapan pelaksanaan; (9) sarana pendukung; (10) evaluasi dan indikator keberhasilan. Hasil uji coba lapangan menunjukan kecakapan interpersonal siswa mengalami peningkatan. Rata-rata skor evaluasi awal 126,3 dan skor evaluasi akhir 193,6. Ini berarti model layanan yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kecakapan interpersonal siswa SMK. Oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling disarankan untuk melaksanakan model pengembangan ini secara kontinyu.Kata kunci: model layanan imbingan kelompok teknik simulasi bertingkat, kecakapan interpersonal, siswa SMK
Downloads
Published
2015-09-22
Issue
Section
Artikel