MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PG PAUD UNISRI MEMILIH KARIRSEBAGAI GURU PAUD MOTIVATION FOR STUDENTS OF TEACHER EARLY CHILDHOOD EDUCATION SLAMET RIYADI UNIVERSITY TO CHOOSE CAREER AS A TEACHER EARLY CHILDHOOD EDUCATION

Authors

  • Feri Faila Sufa Lydia Ersta K

Abstract

Kebutuhan Pendidik PAUD yang memenuhi standar kompetensi dan kualifikasi akademik merupakan hal mutlak dalam mempersiapkan generasi emas. Banyak pendidik tidak memiliki kompetensi dan kualifikasi akademik sesuai tuntutan. Program Studi PG PAUD Unisri hadir untuk menjawab kebutuhan Pendidik. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa yang mengambil Program Studi ini. Motivasi perlu diketahui karena motivasi adalah pendorong untuk melakukan sesuatu. Motivasi yang berasal dari kemauan atau minatnya akan memberikan semangat dan kekuatan untuk berhasil dan bertindak profesional pada karirnya sebagai pendidik. Pendekatan penelitian menggunakan perspektif fenomenologis. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menyiapkan instrument angket berisi daftar pertanyaan, wawancara, observasi dan melakukan triangulasi data agar menghasilkan realitas senyatanya. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang mengambil program studi ini sebagian besar sudah menjadi pendidik PAUD dan motivasi mereka karena aturan pemerintah agar sesuai standar kompetensi pendidik PAUD. Menjadi Pendidik bukan pilihan karir sejak awal meskipun setelah menjadi pendidik menjadi pilihan tepat bagi mereka.
Kata Kunci : Motivasi, pilihan karir, Pendidik PAUD

Published

2015-09-22