PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018)

Authors

  • Endah Ratsianingrum Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Fadjar Harimurti Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Djoko Kristianto Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jasti.v16i2.4428

Keywords:

Tax, Bonus Mechanism, Company Size, Transfer Pricing.

Abstract

This study aims to determine the effect of taxes, bonus mechanisms, and company size on transfer pricing. This type of research is a case study, the type of data used is quantitative data. Datansourcenusednsecondaryndata. The population of.companiesnin thenconsumer goodsnindustry.sectornlisted on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2014-2018 totaled 42 companies. Samples ofn14 companies for 5 years.with.a.purposive.sampling.method. Collection.techniques.using documen tation and study of literature. The classical assumption test results indicate that all variables have escaped multicollinearity, heteroscedasticity, autocorrelation and normal distribution disorders. Regression analysis of the effects of taxation obtained, and the bonus mechanism have a positive effect, while firmnsize has a negative effect on transfer pricing. T test results, tax (X1), bonus mechanism (X2), and company.size (X3) partiallynhave a significantneffect on transfer pricing (Y). The resultnof F testnshows that the modelnused isncorrect. The coefficient of determination shows the tax variables, bonus mechanism, and company size contribute to the influence of transfer pricing 99,9% and thenremaining 0,1% is influencednby othernvariables notnexamined.

References

Gunadi. 2007. Pajak Internasional. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Indrasti,nAnita W.n2016. “PengaruhnPajak, KepemilikannAsing, BonusnPlanndan Debt Covenant terhadap Keputusan Perusahaan untuk Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015)”. Profita. Vol. 9, No. 3, Hal. 348-371.

Kiswanto,nNancyndan A. Purwaningsih.n2014. “Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing”. Jurnal mProgram Studi Akuntansi Fakultas.EkonominUniversitas AtmanJaya.

Melmusi,nZerni. 2016.n“Pengaruh Pajak,nMekanisme Bonus,nKepemilikanmAsing dan Ukuran Perusahaan Tterhadap Transfer Pricing pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016”. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi . Vol. 5, No. 2, Hal. 1-12.

Refgia, Thesa. 2017. “PengaruhmPajak, MekanismenBonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, dan Tunneling Incentive terhadap Transfer Pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Listing di BEI Tahun 2011-2014)”. JOM Fekon. Vol. 4, No. 1, Hal. 543-555.

Rosa, Ria. 2016. “PengaruhnPajak, TunnelingnInsentive,nMekanismemBonus,nDebt Covenant dan Good Corperate Gorvernance (GCG) terhadap Transaksi Transfer Pricing (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013–2015)”. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Pandanaran Semarang. Vol. 6, No. 2, Hal. 1-19.

Santosa, Siti J. D. 2018. “PengaruhnPajak, Tunneling nIncentiven dannMekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)”. Kajian Akuntansi Universitas Islam Bandung. Vol. 19, No.2, Hal. 76 – 83.

Tiwa, Evan M. 2017. “Pengaruh Pajak dan Kepemilikan Asing terhadap Penerapan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015”. Jurnal EMBA. Vol. 5, No. 2, Hal. 2666-2675.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-09-30