PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PERILAKU BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada UNISRI, UNIBA dan UNSA)

Authors

  • Fajar Nurul Ikhsan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Rispantyo Rispantyo Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Sunarti Sunarti Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jasti.v16i2.4424

Keywords:

Emotional Quotient, Learning Behavior, Spiritual Quotient, Accounting Understanding Level

Abstract

This study aims to determine the effect of emotional intelligence, learning behavior and spiritual intelligence on the level of understanding of accounting. This research was conducted on accounting study program students at UNISRI, UNIBA and UNSA, and the type of data used is quantitative data. The data source used is primary data. The entire population in this study were eighth semester students (8), samples that had taken 12 courses including: Introduction to Accounting, AKM 1, AKM 2, AKL 1, AKL 2, Auditing 1, Auditing 2, Cost Accounting, Accounting Systems, Accounting Public Sector, Accounting Information Systems, Accounting Theory. The sampling technique is done by using purposive sampling method. In this study shows that emotional intelligence learning behavior has a significant positive effect on the level of understanding of accounting, and spiritual intelligence has a significant positive effect on the level of understanding of accounting.

References

Baharuddin dan Wahyuni. Esa Nur. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Cet.1. Ar-Ruzz Media Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang

_______. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Goleman, Daniel. 2005. Working With Emotional Intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

_______. 2015. Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting dari pada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Junifar dan Kurnia. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat PemahamanAkuntansiâ€. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 4, No. 10.

Kristanti, dan Mispiyanti, M. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswaâ€, Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, Vol. 16, No. 01, p. 80 - 99.

Rachmi, Filia. 2010. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Rokhana, dan Sutrisno, S. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen. Vol. 31, No. 1.

Satria, Muhamad Rizal. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswaâ€. Jurnal ekonomi dan keuangnan syariah. Vol. 1, p. 66 - 80.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Sinar Baru. Bandung

Zakiah, Farah. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansiâ€. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Downloads

Published

2020-09-30