PENGARUH SUKU BUNGA PINJAMAN, UMUR PERUSAHAAN DAN AGUNAN TERHADAP KEPUTUSAN PERMINTAAN KREDIT (Studi Kasus Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Solo Raya)
Keywords:
collateral, company age, loan interest rates, credit demand decisionsAbstract
Collateral has a significant effect on credit demand decisions in micro, small and medium businesses. The age of the company has a significant effect on credit demand decisions in micro, small and medium businesses. Loan interest rates have a significant effect on credit demand decisions in micro, small and medium businesses. The population in this study was all SMEs in Solo Raya, SMEs in Solo Raya was 23,254. The reason for choosing this population is Solo Raya with the number of businesses, which is 23,254 businesses or 28.23% of the total number of businesses in the city of Surakarta. The sample studied was 100 respondents, the sample method used in this study was the Simple Random Sampling (random) method, using the Slovin formula. The results showed that collateral has a positive and significant effect on credit demand decisions. The age of the company has a positive and significant effect on credit demand decisions. Loan interest rates have a positive and significant impact on loan demand decisionsReferences
Afifah, Rifda Zahra, and Achma Hendra Setiawan. 2012. “Analisis Bantuan Modal Dan Kredit Bagi Kelompok Usaha Mikro Oleh Koperasi Dan UMKM Kota Semarang ( Studi Kasus : KPUM Di Kelurahan Pekunden , Kecamatan Semarang Tengah ).†Diponegoro Journal Of Economics 1: 1–15. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Economics.
Alom, Khairul. 2013. “Capital Structure Choice of Bangladeshi Firms : An Empirical Investigation.†Journal of Finance & Accounting 5(1): 320–33.
Anggraeni, Nikita Desi. 2014. “Analisis Pengaruh Aset, Jaminan Dan Persepsi Suku Bunga Pinjaman Perbankan Terhadap Keputusan Kredit Para Pelaku Umkm Di Kota Blitar.†Management Analysis Journal (1): 1–10.
Anwar, Hasan. 2013. “Analisis Pengaruh Aset, Keuntungan, Lama Usaha, Persepsi Tingkat Bunga, Jenis Kelamin, Pendidikan Dan Usia Terhadap Keputusan UMKM Mengambil Kredit Perbankan (Studi Kasus : Kabupaten Kudus ).†Ekonomi Bisnis.
Ghozali, Imam. 2013. Ekonometriksa. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gurajati, Damodar N dan Dawn C Porter. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta : Salemba Empat.
Hartomo, Deny Dwi hartomo. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM Di Surakarta.†Jurnal Bisnis & Manajemen 14: 15–30.
Heryanto, Flourentina. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Leverage Pada Perusahaan-perusahaan Mmanufaktur Yang Terdaftar Di BEJ.†: 1–55.
Kementrian Bidang Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2016. “Salinan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 20/Pmk.05/2015 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Subsidi Bunga Untuk Kredit Usaha Rakyat.â€
Kaunang, Glently. 2013. “Tingkat Suku Bunga Pinjaman Dan Kredit Macet Pengaruhnya Terhadap Permintaan Kredit UMKM Di Indonesia.†Jurnal Emba 1(3): 920–30.
Kristian, Candra. 2010. “Pengaruh Skala Usaha, Umur Perusahaan, Pendidikan Pemilik Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Blora. Skripsi.†Skripsi: 1–99.
Kurniawan. 2014. “Faktor Yang Mempengaruhi Akses Keuangan Pinjaman Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Brebes.†Jurnal Bisnis & Manajemen (2000): 611–21.
Ludijanto, Shella Ekawati, Siti Ragil Handayani, and Raden Rustam Hidayat. 2014. “Pengaruh Analisis Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan ( Studi Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Listing Di Bei Tahun 2010-2012 ).†Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)| 8(1): 1–8.
Marsetyo, Ramadhan Firmansyah, and Christiono Utomo. 2014. “Analisa Nilai Agunan Rumah Tinggal Di Perumahan Permata Jingga Blok Teratai No. 12 Malang.†Jurnal Teknik Pomits 3(2): C – 72 – C – 75.
Mishkin, Fredrick 2012. Ekonomi Uang Perbankan Dan Pasar Keuangan. Salemba Empat Jakarta.
Nugroho, Nur Cahyo. 2014. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Umur Perusahaan Terhadap Struktur Modal Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kerajinan Kuningan Di Kabupaten Pati.†Management Analysis Journal 3 (2) : 6–10. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj.
Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Alfabeta, Bandung.
Suharyadi dan Purwanto. (2011). Statistika untu Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Sulastri, Simanjuntak Binsar H. 2014. FraudPada Sektor Pemerintah Berdasarkan Faktor Keadilan Kompensasi, Sistem Pengendalian Internal, Dan Etika Organisasi Pemerintah (Studi Empiris Dinas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta). E-journal Magister Akuntansi Trisakti.
Suyatno. (2011). Kelembagaan Perbankan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Syamsi, Ibnu. (2010). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Tandris, Raimond, Parengkuan Tommy, and Sri Murni. 2014. “Suku Bunga, Inflasi Dan Nilai Tukar Pengaruhnya Terhadap Permintaan Kredit Perbankan Di Kota Manado.†jurnal Emba 2(1): 243–53.
Taufiqurrochman, Cecep. 2013. “Seluk Beluk Tentang Konsep Bunga Kredit Bank.†Jurnal Kebangsaan 2(3): 12–16.
Transistari, Ralina, and Tri Harsini Wahyuningsih. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Kredit Oleh Pelaku Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Sleman (Kasus Pada Debitur Bank Umum Dan Bank Perkreditan Rakyat).†Jurnal Bisnis & Ekonomi 4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.