UPAYA MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan sikap peserta didik menggunakan strategi pembelajaran CTL pada peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator keberhasilan yaitu diakhir siklus II memperoleh nilai akhir diatas 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik pada mata pelajaran PKN. Hal tersebut dibuktikan dengan lembar observasi sikap peserta didik. Pada siklus I peserta didik dengan nilai akhir sebesar 67% dan sebanyak 17 peserta didik yang mengalami ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85& atau sebanyak 22 peserta didik yang mengalami ketuntasan. Dengan demikian penerapan strategi pembe;ajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik bagi peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Keywords
Afektif, Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
E. Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sarwiji Suwandi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Yahya Arwiyah dan Runik Machfiroh. 2014. Civic Education di Perguruan Tinggi Indonesia. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33061/js.v1i2.2801
Copyright (c) 2019 JURNAL SINEKTIK