PENGEMBANGAN PRODUK HERBAL MELALUI WIRAUSAHA “ES KEBAL” (ES KRIM HERBAL)

Authors

  • Dewi Gilang Permatasari Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Zunianingrum Varichatun Muslichah Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Rika Putri Handriyanti Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Dalintang Ketut Dwi Saputri Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Anita Trisiana Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3404

Abstract

Es Krim merupakan salah satu kuliner yang banyak digemari dari semua orang karena memiliki tekstur es krim yang lembut dengan rasa yang manis menjadikan kombinasi sempurna. Pada umunya es krim yang beredaran dipasaran hanya memiliki varian rasa coklat, strawberry dan vanilla. Dengan adanya komposisi yang berbahan dasar herbal seperti kunyit, jahe, temulawak, kayu manis, daun stevia dan daun sinom. Menjadikan es krim ini berbeda pada es krim lainnya, yang hanya memberikan rasa kenikmatan semata namun tidak memberikan efek menyehatkan bagi tubuh. Kini telah hadir produk Es Krim Herbal yang memberikan varian rasa rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan temulawak. Perlu kita sadari bahwa rempah-rempah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Survey pasar dan pengembangan produk menjadikan Es Krim Herbal dari hasil kelayakan usaha, bahwa usaha Es Krim Herbal (ES KEBAL) layak untuk dilakukan oleh industry rumah tangga. Karena memiliki peluang yang besar dengan cita rasa unik dan mencakup semua kalangan konsumen dari anak-anak sampai orang dewasa. Degan modal Rp. 429.500 yang menghasilkan 100 cup. Dengan harga pasaran Rp. 5000 x 100 cup maka akan menghasilkan pendapatan Rp. 500.000. Jadi keuntungan yang di peroleh Rp. 500.000- Rp. 429.500 = Rp. 70.500. Dengan demikian pendapatan bersih sebesar Rp. 70.500.
Dengan mengunkan metode penelitian Analasis keuntungan, Analsis Benefit Cost Ratio, Analisi Break Even Point atau titik impas, Analsis pengambalian Modal, Analisis efisiensi modal.
Saran bagi pemakai prodak ini adalah untuk semua konsumen setelah mengkonsumsi Es Krim Herbal memiliki banyak manfaat salah satunya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Kata Kunci: Usaha, Es Krim, Herbal, Kuliner dan Sehat

References

Basu Swastha dan Irawan. 2005. Asas-AAAasas Marketing, Liberty: Yogyakarta.

Geiger, James L. 2005. The essential oil of ginger, Zingiber officinale, and anaesthesia. The_International Journal of Aromatherapy.

Kolter, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.

Kolter, Philip. 2000. Marketing Management. The Millenium edition, International Edition, . Prentice Hall, Inc, New Jersey.

Navvaro. 2002. Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar. Intan Pariwara: Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Windono, dkk. 2002. Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar. Yrama Widya: Bandung

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-01-11