ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP KINERJA PASAR (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO PERIODE 2012-2016)

Authors

  • Ika Septi Kurnia Anggraeni, Siti Zulaikah & Adhista Setyarini

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v3i1.2616

Abstract

Penelitian ini mempelajari fenomena Initial Public offerings (IPO) perusahaan-perusahaan yang ada di Bursa Efek Indonesia, dengan menguji pengaruh manajemen laba terhadap kinerja pasar pada perusahaan yang melakukan IPO periode 2012-2016 . Manajemen laba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan discretionary accrual yang diperoleh dari model modified Jones. Kinerja pasar dihitung dengan menggunakan CAR (Cummulative Abnormal Return). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 79 perusahaan. Pengujian pengaruh antara manajemen laba dengan kinerja pasar dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif signifikan antara manajemen laba terhadap kinerja pasar dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009.
Kata-kata kunci : initial public offerings, accruals based earning management, Cummulative Abnormal Return

PlumX Metrics

Published

2019-01-12