Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Dengan Teknik “FIVE E” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwawasan Global Pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2016

Authors

  • Oktiana Handini & Soewalni Soekirno

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1547

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui Untuk menerapkan model pembelajaran kolaborasi dengan teknik “FIVE
E”meningkatkan kemampuan berwawasan global pada mahasiswa PGSD FKIP
Unversitas Slamet Riyadi Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah melalui siklus I dan
siklus II menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaborasi teknik E Five sangat
mempengaruhi upaya peningkatan kemampuan berwawasan global mahasiswa PGSD
FKIP Unversitas Slamet Riyadi Surakarta . Peningkatan kemampuan berwawasan global
nampak signifikan sebesar 11,50%. Nilai rata –rata pada siklus I sebesar 78.50 kemudian
setelah dilakukan refleksi maka terlihat nilai rata-rata sebesar 89.00 pada siklus II.
Penerapan model pembelajaran kolaborasi teknik Five E meliputi Engage(melibatkan),
Explore (mengeksplorasi), Explain, (menjelaskan) Extend (mengembangkan) dan
Evaluate (mengevaluasi) materi “Pentingnya Kesadaran Pendidikan Berwawasan
Global” terbukti meningkatkan kemampuan Berwawasan Global mahasiswa prodi PGSD
FKIP UNISRI 2016 dapat peningkatan mahasiswa menjadi memiliki keberanian dalam
terlibat aktif, berpikir tingkat tinggi, berpikir kritis, mengembangkan wawasan yang
holistik dengan berpikir kreatif, kritis danmengevaluasi wawasan pengetahuannya sesuai
materi tentang “Pentingnya Kesadaran Pendidikan Berwawasan Global”
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaborasi Teknik Five E, Berwawasan Global

PlumX Metrics

Published

2017-05-09