PEMANFAATAN LIMBAH AMPAS KOPI UNTUK TANAMAN HIAS DALAM POT DI DESA SUMBER KECAMATAN BANJARSARI KOTAMADYA SURAKARTA

Authors

  • Sartono Joko Santosa & Teguh Yuwono

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2515

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di Desa Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kotamadya Surakarta pada tanggal 13 Mei 2018. Adapun sasaran dari Pengabdian ini adalah warga masyarakat yang memiliki tanaman hias dalam pot , dengan metode yang digunakan yaitu ceramah dan tanya jawab. Tujuan yang hendak dicapai dalam Pengabdian ini yaitu untuk memberikan pengertian dan penjelasan agar warga masyarakat yang sering minum kopi tidak membuang limbah ampas kopinya, tetapi dapat memanfaatkannya untuk tanaman hias di pot.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini yaitu agar warga masyarakat desa Sumber dapat memanfaatkan limbah ampas kopi untuk tanaman hias mereka, karena manfaat limbah ampas kopi selain untuk menyuburkan tanaman juga dapat berfungsi sebagai pestisida organik.
Kata Kunci: Limbah ampas kopi, Pupuk dan Pestisida, tanaman hias

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2018-12-31

How to Cite

Teguh Yuwono, S. J. S. &. (2018). PEMANFAATAN LIMBAH AMPAS KOPI UNTUK TANAMAN HIAS DALAM POT DI DESA SUMBER KECAMATAN BANJARSARI KOTAMADYA SURAKARTA. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 167–173. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2515

Issue

Section

Artikel