A DESIGN OF TASK BASED LANGUAGE TEACHING ON A READING LESSON

Authors

  • Luqman Al Hakim

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v10i1.993

Abstract

Tasks Based Language Teaching (TBLT) berkembang sejak decade 1980 sampai 2010.
Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa buku yang ditulis oleh beberapa ahli pengajaran.
Tujuan dari TBLT tidak lain adalah untuk berlatih menggunakan bahasa target (bahasa Inggris)
dalam bentuk kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis didalam kelas dengan cara
mengadopsi kegiatan nyata menggunakan bahasa target. Ada banyak buku tentang TBLT tetapi
hanya sedikit buku yang membahas tentang TBLT didalam pembelajaran membaca (reading).
Salah satu buku tersebut adalah A Framework of Task Based Learning. Kaitannya dengan TBLT
dengan pengajaran membaca, buku tersebut membahas tentang prosedur pemilihan teks,
mengenal dan mengeksplorasi strategi-strategi dalam membaca, dan desain TBLT dalam
pembelajaran membaca.
Didalam artikel ini, penulis mencoba memaparkan tentang TBLT didalam pengajaran
membaca, antara lain konsep (1) real world texts to real world task; (2) a text to real world
tasks; (3) real world texts to tasks, dan (4) tasks to texts. Pertama, konsep real world texts to real
world task adalah pengajaran membaca yang menggunakan teks otentik berbahasa target
kemudian mengadopsi latihan berdasarkan kondisi nyata dilapangan, semisal membaca
beberapa brosur hotel kemudian menentukan hotel mana yang akan dipilih. Kedua, a text to real
world tasks adalah pengajaran membaca dengan membaca teks kemudian mengerjakan latihan
yang bersumber dari kondisi di lapangan, semisal membaca teks diskusi, kemudian para siswa
bermain peran sebagai orang untuk berdialog tentang isi teks tersebut. Ketiga, real world texts to
tasks adalah pengajaran membaca menggunakan teks otentik kemudian mengerjakan latihan
tentang komponen bahasa, semisal membaca teks review tentang film dan menyaksikan film
tersebut, kemudian membedakan isi film tersebut dari teks dan dari film yang telah dilihat.
Keempat, tasks to texts adalah pengajaran membaca dengan mengerjakan latihan, kemudian
membaca teks, misalnya para siswa menulis kata benda, kerja, sifat, and keterangan di papan
tulis. Kemudian membuat kalimat dari kata-kata tersebut. Selanjutnya, mereka menentukan
kalimat-kalimat yang termasuk pendapat, fakta, dan kegiatan sehari-hari. Setelah itu mereka
membaca teks deskripsi dan menentukan kalimat-kalimat yang termasuk pendapat, fakta, dan
kegiatan sehari-hari.

Published

2015-08-12