PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33061/jww.v18i2.9923Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar dan minat belajar pada siswa kelas IV pembelajaran matematika di SD N Joglo 76 Surakarta Tahun 2023. Penelitian kuantitatif ini berdesain one group pretest-postest design. Populasinya seluruh siswa kelas IV di SD N Joglo 76 Surakarta dengan teknik sampling jenuh, sampel 28 siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, tes dan angket. Berdasarkan tes soal, hasil uji hipotesis didapatkan thitung 12.608 dengan nilai ttabel yaitu d.b = (n-1) hasilnya (28-1) = 27 signifikansi 5% = 1.703. Hasil uji normalitas thitung > ttabel atau 12.608 > 1.703. Rata-rata angket siswa mengalami perubahan dari tahap pretest ke posttest, 28,01 menjadi 31,8. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana F hitung 36,596 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas IV pembelajaran matematika di SD N Joglo 76 Surakarta Tahun 2023.
Kata kunci: Model pembelajaran problem based learning, Hasil belajar, Minat belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Linda Natalia, Anita Trisiana, Mukhlis Mustofa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.