PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I

Penulis

  • Mariana Juni Indah Sundari Universitas Slamet Riyadi
  • Sri Handayani Universitas Slamet Riyadi
  • Elinda Rizkasari Universitas Slamet Riyadi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SDN Tugu Jebres No.120 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tugu Jebres No.120 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas I yang berjumlah 28 peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen tipe one group pretest posttest design . Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan membandingkan hasil kemampuan membaca permulaan antara pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Dilihat dari uji hipotesis dengan rumus Paired Sample t-test, diperoleh nilai thitung = 14,165 dan ttabel dengan d.b = sehingga = 27 nilai ini dapat dibandingkan dengan nilai ttabel dalam taraf signifikan 5% yaitu 2,052. Sehingga thitung > ttabel atau 14,165 > 2,052 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : Media Flash Card, Kemampuan Membaca Permulaan

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-20