PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SDN Tugu Jebres No.120 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tugu Jebres No.120 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas I yang berjumlah 28 peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen tipe one group pretest posttest design . Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan membandingkan hasil kemampuan membaca permulaan antara pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Dilihat dari uji hipotesis dengan rumus Paired Sample t-test, diperoleh nilai thitung = 14,165 dan ttabel dengan d.b = sehingga = 27 nilai ini dapat dibandingkan dengan nilai ttabel dalam taraf signifikan 5% yaitu 2,052. Sehingga thitung > ttabel atau 14,165 > 2,052 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : Media Flash Card, Kemampuan Membaca Permulaan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mariana Juni Indah Sundari, Sri Handayani, Elinda Rizkasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.