PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas IV SD Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, wali kelas dan kepala sekolah. Sumber data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu, (1) Program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas IV SD negeri 1 Sambi sudah berjalan dengan baik sesuai dengan pedoman teori GLS. (2) kendala pada program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas IV yaitu adanya siswa yang terkadang belum mau inisiatif membaca 15 menit jika tidak di awasi guru kelas. (3) Upaya guru dalam melaksanakan program gerakan literasi sekolah dengan selalu mengkampanyekan program GLS di setiap momen seperti, upacara bendera, sebelum jam pelajaran di mulai dan melalui grub WhatsApp wali murid.
Kata Kunci : Program, Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 wahab123 wahab123, Hera Heru Sri Suryanti, Elinda Rizkasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.