STUDI ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS II

Penulis

  • Maria Yosefina Ule Universitas Slamet Riyadi
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas Universitas Slamet Riyadi
  • Ratna Widyaningrum Universitas Slamet Riyadi

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk menganalisis kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas II B SD Negeri Mojosongo VI dan 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas II B SD Negeri Mojosongo VI Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data, 1) data primer didapatkan dari hasil wawancara dan dokumentasi dan 2) data sekunder didapatkan dari data guru dan data peserta didik kelas II B SD Negeri Mojosongo VI Surakarta . Subyek penelitian, yaitu: 1) peserta didik kelas II B, 2) guru kelas II B, dan 3) orang tua peserta didik kelas II B dan objek penelitian didapatkan dari dokumentasi SD Negeri Mojosongo VI Surakarta. Teknik penggumpulan data yang digunakan, yaitu: 1) wawancara, 2) observasi, dan  3) dokumentasi.  Keabsahan data yang digunakan yaitu: 1) triangulasi sumber  dan 2) triangulasi teknik. Analisis data, yaitu: 1) penggumpulan data,  2) reduksi data,  3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa berdasarkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik masih terdapat kesulitan, yaitu 1) kesulitan saat belajar  membaca, yaitu: a) kesulitan membaca huruf-huruftertentu, b) kesulitan mengucapkan bunyi huruf diftong, c) kesulitan mengucapkan bunyi huruf konsonan rangkap, d) kesulitan  membedakkan huruf-huruf seperti huruf “ p, q,dan xâ€, dan e) kesulitan membaca suku kata  2) kesulitan saat belajar menulis, yaitu: a) tulisan belum rapi, b) kurang teliti saat menulis, c) kesulitan menulis saat  memberi jarak antara satu huruf dengan huruf lainnya, d) terdapat coretan dalam tulisan, e) kesulitan saat menulis contoh kalimat dan kata dari papan tulis, f) kesulitan saat menyalin contoh kata dan kalimat dari papan tulis, g) kesulitan saat meniru contoh kata dan kalimat dari papan tulis, h) kesulitan saat menggambar lingkaran, dan i) kesulitan saat menggambar bentuk lingkaran dan 3) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis peserta didik, yaitu: 1) faktor internal,yaitu: a) minat dan b) motivasi dan 2) faktor eksternal, yaitu: a) lingkungan keluarga dan b) lingkungan sekolah.

Kata Kunci : Bahasa, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-20