STUDI ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS II
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk menganalisis kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas II B SD Negeri Mojosongo VI dan 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis peserta didik kelas II B SD Negeri Mojosongo VI Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data, 1) data primer didapatkan dari hasil wawancara dan dokumentasi dan 2) data sekunder didapatkan dari data guru dan data peserta didik kelas II B SD Negeri Mojosongo VI Surakarta . Subyek penelitian, yaitu: 1) peserta didik kelas II B, 2) guru kelas II B, dan 3) orang tua peserta didik kelas II B dan objek penelitian didapatkan dari dokumentasi SD Negeri Mojosongo VI Surakarta. Teknik penggumpulan data yang digunakan, yaitu: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu: 1) triangulasi sumber dan 2) triangulasi teknik. Analisis data, yaitu: 1) penggumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa berdasarkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik masih terdapat kesulitan, yaitu 1) kesulitan saat belajar membaca, yaitu: a) kesulitan membaca huruf-huruftertentu, b) kesulitan mengucapkan bunyi huruf diftong, c) kesulitan mengucapkan bunyi huruf konsonan rangkap, d) kesulitan membedakkan huruf-huruf seperti huruf “ p, q,dan xâ€, dan e) kesulitan membaca suku kata 2) kesulitan saat belajar menulis, yaitu: a) tulisan belum rapi, b) kurang teliti saat menulis, c) kesulitan menulis saat memberi jarak antara satu huruf dengan huruf lainnya, d) terdapat coretan dalam tulisan, e) kesulitan saat menulis contoh kalimat dan kata dari papan tulis, f) kesulitan saat menyalin contoh kata dan kalimat dari papan tulis, g) kesulitan saat meniru contoh kata dan kalimat dari papan tulis, h) kesulitan saat menggambar lingkaran, dan i) kesulitan saat menggambar bentuk lingkaran dan 3) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis peserta didik, yaitu: 1) faktor internal,yaitu: a) minat dan b) motivasi dan 2) faktor eksternal, yaitu: a) lingkungan keluarga dan b) lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Bahasa, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maria Yosefina Ule, Lydia Ersta Kusumaningtyas, Ratna Widyaningrum

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.