PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA MATERI PERANGKAT KERAS SEBAGAI BAHAN AJAR GURU MATA PELAJARAN INFORMATIKA PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 KEBAKKRAMAT

Penulis

  • Kicky Zandov Sirih Nanky universitas slamet riyadi surakarta
  • Siti Supeni universitas slamet riyadi surakarta
  • daryono daryono universitas slamet riyadi surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jww.v18i2.9795

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis video canva

sebagai bahan ajar guru mata pelajaran informatika materi Pengenalan perangkat keras dan

untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran.

Peneliti menggunakan prosedur penelitan dan pengembangan dengan metode pengembangan

Research dan development atau sering juga disebut R&D. Pada didalam tahap pengembangan

ini , untuk dapat menghasilkan produk media pembelejaran berbasis Canva yang akan

dikembangkan makapeneliti menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Borg and

Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono dan hanya dibatasi sampai dengan tujuh langkah

penelitian dan pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain

produk, validasi desain, perbaikan desain, respon atau uji coba produk dan revisi produk.

Berdasarkan penilaian kelayakan media Pembelajaran berbasis video canva sebagai bahan

ajar guru materi pengenaan perangkat kerasl mata pelajaran informatika, informatika menurut

penilaian ahli materi memperoleh persentase 93% dengan kategori Sangat Layak digunakan,

pada aspek Kelayakan penyajian memperoleh persentase 95% dengan kategori sangat layak

digunakan, pada aspek keterlakasanaan memperoleh persentase 100% dengan kategori Sangat

layak. Berdasarkan persentase skor penilaiann memperoleh jumlah rata-rata 94,54 % dengan

Kategori Sangat layak digunakan. Hasil tersebut produk media pembelajaran berbasis Canva

yang telah dikembangkan telah layak digunakan untuk bahan ajar guru dan diujicobakan. ahli

media memperoleh persentase 86,6 % dengan kategori Sangat Layak Digunakan, pada Aspek

Komunikasi Audio dan Visual memperoleh persentase 80% dengan kategori Layak

digunakan. Berdasarkan persentase skor penilaiann memperoleh jumlah rata-rata 82% dengan

Kategori Sangat layak digunakan. Hasil tersebut produk media pembelajaran berbasis Canva

yang telah dikembangkan telah layak digunakan untuk bahan ajar guru dan diujicobakan.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Pengenalan Perangkat Keras, Penelitian

 Pengembangan (R&D), Video Pembelajaran Berbasis Canva

Diterbitkan

2023-09-01