Analisis pemecahan masalah pada soal cerita matematika materi pengukuran kelas IV SDN Jembangan 1 tahun ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.33061/jww.v19i1.9738Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Pengukuran dan Mendiskripsikan Faktor Apa Yang Mempengaruhi Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Pengukuran Pada Peserta Didik Kategori tinggi, sedang, dan rendah di Kelas IV SDN Jembangan 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SDN Jembangan 1 Tahun Ajaran 2022/2023 dengan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian peseta didik kelas IV menggunakan teknik triangulasi. Peserta didik dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, membuat rencana dan melakukan rencana. Peserta didik mampu melihat kembali jawaban. Peserta didik dengan kategori sedang mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik namun dalam merubah satuan masih salah sehingga jawaban akhir kurang tepat. Peserta didik dengan kemampuan rendah belum mampu menemukan cara yang tepat dalam menyelesaikan masalah sehingga membuat jawaban tidak tepat.
Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika, Materi Pengukuran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Isnaini Putri, Sri Handayani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.