Analisis pemecahan masalah pada soal cerita matematika materi pengukuran kelas IV SDN Jembangan 1 tahun ajaran 2022/2023

Penulis

  • Isnaini Putri Universitas Slamet Riyadi
  • Sri Handayani universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jww.v19i1.9738

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Pengukuran dan Mendiskripsikan Faktor Apa Yang Mempengaruhi Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Pengukuran Pada Peserta Didik Kategori tinggi, sedang, dan rendah di Kelas IV SDN Jembangan 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SDN Jembangan 1 Tahun Ajaran 2022/2023 dengan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian peseta didik kelas IV menggunakan teknik triangulasi. Peserta didik dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, membuat rencana dan melakukan rencana. Peserta didik mampu melihat kembali jawaban. Peserta didik dengan kategori sedang mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik namun dalam merubah satuan masih salah sehingga jawaban akhir kurang tepat. Peserta didik dengan kemampuan rendah belum mampu menemukan cara yang tepat dalam menyelesaikan masalah sehingga membuat jawaban tidak tepat.

Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika, Materi Pengukuran.

 

Biografi Penulis

Isnaini Putri, Universitas Slamet Riyadi

Mahasiswa

Diterbitkan

2024-02-28