PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPRTIVE LEARNING TIPE STUDENT TEMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 01 NANGSRI KEBAKKRAMAAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.33061/jww.v18i2.9696Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya model pembelajaran STAD terhadap hasil bekajar matematika pada materi bangun ruang kelas V SD Negeri 01 Nangsri Kebakkramat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksperimen Pre Eksperimen dalam bentuk one-group pretest posttest. Menggunakan populasi dan sampel 25 orang. Uji coba instrument dilakukan dengan 25 soal pilihan ganda. Teknik analisis data berupa uji prasarat sebagai analisis tahap awal menggunalan rumus Kolmogorof Smirnov dan uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T-Test didapat nilai sebesar 18,004, selanjutnya dibandingkan dengan df (N-1) jadi 25-1=24 dalam taraf signifikasi 5% yaitu 2,063. Jadi (18,004) > (2,063) yang berarti ditolak diterima. Maka hipotesis menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kelas V SD Negeri 01 Nangsri Kebakkramat Tahun Pembelajaran 2022/2023 diterima kebenarannya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Matematika, Bangun Ruang, Hasil Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 nadia putri, sugiaryo sugiaryo, sarafuddin sarafuddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.