PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPRTIVE LEARNING TIPE STUDENT TEMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD N 01 NANGSRI KEBAKKRAMAAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • Nadia Putri Pramisela universitas slamet riyadi surakarta
  • sugiaryo sugiaryo universitas slamet riyadi surakarta
  • sarafuddin sarafuddin universitas slamet riyadi surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jww.v18i2.9696

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya model pembelajaran STAD terhadap hasil bekajar matematika pada materi bangun ruang kelas V SD Negeri 01 Nangsri Kebakkramat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksperimen Pre Eksperimen dalam bentuk one-group pretest posttest. Menggunakan populasi dan sampel 25 orang. Uji coba instrument dilakukan dengan 25 soal pilihan ganda. Teknik analisis data berupa uji prasarat sebagai analisis tahap awal menggunalan rumus Kolmogorof Smirnov dan uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample T-Test didapat nilai  sebesar 18,004, selanjutnya dibandingkan dengan df (N-1) jadi 25-1=24 dalam taraf signifikasi 5% yaitu 2,063. Jadi  (18,004) >  (2,063) yang berarti  ditolak  diterima. Maka hipotesis menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kelas V SD Negeri 01 Nangsri Kebakkramat Tahun Pembelajaran 2022/2023 diterima kebenarannya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Matematika, Bangun Ruang, Hasil Belajar

 

Diterbitkan

2023-09-01