impelementation IMPLEMENTATION OF STUDENT CHARACTER EDUCATION THROUGH MODELING HABITUAL BEHAVIOR IN CULTURAL ARTS LEARNING IN GRADE IV SDN GANDEKAN SURAKKARTA IN 2022/2023 ACADEMIC YEAR

ENGLISH

Penulis

  • Dzari Wahyu universitas slamet riyadi surakarta
  • Oktiana Handini universitas slamet riyadi surakarta
  • sarafuddin sarafuddin universitas slamet riyadi surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jww.v18i2.9527

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Sikap Keteladanan dan Pembiasaan pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas 4 SDN Gandekan Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian kualitatif, yang mendeskripsikan sikap, persepsi, perilaku ilmiah. Berdasarkan data secara terstruktur.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ; teknik wawancara, angket data, dokumentasi dan observasi kelas. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru Kelas 4, Peserta Didik Kelas 4. Sumber pendukung diperoleh dari Kurikulum Merdeka Profil Pelajar Pancasila, dan perencanaan pengkaji di sekolah. Obyek penelitian ini adalah pada implementasi pendidikan karakter sikap keteladanan dan pembiasaan pada pembelajaran seni budaya di kelas 4. Faktor pendukung penelitian ini adalah adanya keterbukaan sikap dalam proses penelitian yang memberikan data secara lengkap dan faktual. Pendidikan karakter profil pelajar pancasila merupakan tujuan pendidikan SDN Gandekan Surakarta yang tercermin dalam visi dan misi sekolah, secara garis besar pembentukan karakter peserta didik diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya khususnya pada pembelajaran seni budaya. Dalam hal ini lebih menekankan pada sikap keteladanan dan pembiasaan peserta didik agar selalu terbiasa untuk menjadi teladan yang baik di lingkungannya.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Implementasi Pendidikan Karakter, Keteladanan, Pembiasaan, Seni Budaya.

Diterbitkan

2023-09-01