THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING READING FOR THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 1 JATINOM

Penulis

  • Septi Yuliana Universitas Widya Dharma Klaten
  • Ana Setyandari Universitas Widya Dharma Klaten
  • Sri Haryanti Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.33061/jww.v19i1.9437

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang menjadi permasalahan penelitian ini: “Bagaimana penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran membaca pada siswa kelas XI SMA N 1 Jatinom?â€. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam proses penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan empat langkah untuk menganalisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada langkah pertama guru menyampaikan materi kepada siswa dan meminta untuk menyimak materi yang sedang dijelaskan. Kedua, guru meminta siswa untuk membacakan beberapa materi yang telah dijelaskan. Ketiga, guru membuat diskusi kelompok dengan membagi siswa menjadi empat kelompok, setiap kelompok terdiri dari delapan siswa. Keempat, siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya. Terakhir, siswa menunjukkan hasil diskusinya. Setelah menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL), siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan proses belajar mengajar menjadi lebih aktif dan interaktif.

Kata Kunci: pengajaran membaca; membaca; model Contextual Teaching and Learning (CTL)

 

 

 

Diterbitkan

2024-02-28