PENGEMBANGAN ALAT PEMBELAJARAN BERBASIS TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBASIS TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBASIS PERTANYAAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA KELAS 6 DALAM

Penulis

  • Natalia Prabandari
  • nunuk Suryani
  • Yumiati Yumiati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media puzzle dalam pembelajaran membaca simbol/gambar dengan Tahu Keterampilan Berpikir (HOTS) yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas 6. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TAI sesuai dengan pendekatan soal HOTS terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba produk dilakukan dalam skala kecil dan besar. Subjek penelitian terdiri dari 48 siswa SD Negeri 01 Gedong, dan 27 siswa SD Negeri 01 Pondok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data berupa analisis perangkat pembelajaran, analisis normalitas, dan analisis keefektifan produk perangkat pembelajaran berbasis TAI dengan soal HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran berbasis TAI dengan soal HOTS yang dikembangkan menunjukkan efektifitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa antara pretest dan posttest sesuai target yaitu terdapat perbedaan yang signifikan (0,000<0,05). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD Negeri 01 Gedong dan SD Negeri 01 Pondok antara pretest dan posttest. Terdapat perbedaan signifikan yang menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis TAI dengan soal HOTS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: Individualisasi Berbantuan Tim, HOTS, Kemampuan Berpikir Kritis

Diterbitkan

2022-09-28

Terbitan

Bagian

Artikel