PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN CARA MEMBACA LAMBANG SIMBUL/GAMBAR DENGAN METODE KNOW WANT LEARNED GUNA MENINGKATKANeKEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN

Penulis

  • Sugeng Santosa
  • Nunuk Suryani
  • Juhana Juhana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media puzzle dalam pembelajaran membaca simbol/gambar dengan metode Know Want Learned untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV, (2) mendeskripsikan kualitas dan kelayakan produk media pembelajaran berupa teka-teki menggunakan metode tahu ingin dipelajari. dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan media puzzle terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba produk dilakukan dalam skala kecil dan besar. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 SD di Gugus I Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Ngargoyoso, sampel 3 SD Negeri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, jurnal, dan angket. Teknik analisis data berupa analisis data produk media puzzle, uji prasyarat, dan uji diskriminatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle yang peneliti kembangkan mengacu pada kebutuhan siswa dan kebutuhan guru, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Media puzzle yang peneliti kembangkan adalah media pembelajaran edukatif berbentuk persegi panjang dengan ukuran 20 cm x 30 cm yang terbuat dari bahan tongkat sehingga aman untuk digunakan siswa sebagai media pembelajaran. Media teka-teki yang peneliti kembangkan meliputi teka-teki simbol, teka-teki simbol, dan teka-teki simbol/gambar. Media Pembelajaran Puzzle ini efektif digunakan dalam pembelajaran membaca lambang/gambar karena dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD di Gugus I Ki Hajar Dewantoro.

Kata kunci: pengembangan, puzzle, kemampuan membaca simbol.

Diterbitkan

2022-09-27

Terbitan

Bagian

Artikel