MEMBANGUN RAPPORT DAN PENDEKATAN ITOP DALAM MENGURANGI TINDAK KEKERASAN DI SEKOLAH

Authors

  • AR - Koesdyantho

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v5i2.745

Abstract

Abstraks: Terjadinya tindak kekerasan di sekolah sudah semakin menjadi,
tidak hanya dilakukan oleh siswa laki-laki melainkan juga sudah banyak
dilakukan oleh siswi baik di sekolah menengah pertama maupun di sekolah
atas.Munculnya peer-peer siswi dan tindak kekerasan yang mereka lakukan
jadi bukti bahwa tindak kekerasan bukan hanya milik siswa laki-laki saja.
Banyak faktor yang diduga menjadi penyebabnya antara lain, ketidak
harmonisan keluarga, mencari pengakuan diluar prestasi sekolahnya, gaya
hidup anak sekolah modern dan lemahnya sistem kontrol sekolah. Menjalin
hubungan baik (rapport) dan pendekatan ITOP ( Invitational Theori of
Practice) hanya merupakan sebagian kecil dari banyak cara yang dapat
dipergunakan untuk mengurangi munculnya tindak kekerasan di sekolah.
Kata Kunci: rapport, ITOP, Kekerasan di Sekolah.

Published

2013-11-30