PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS X JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI I BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Pipik - Ernawati
  • AR - Koesdyantho

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v9i1.743

Abstract

Abstraks: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian
layanan bimbingan karier terhadap minat berwirausaha pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran
SMK Negeri I Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Negeri I Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah
63 siswa, dan sampel yang digunakan adalah 63 siswa, jadi dalam penelitian ini tidak ada
teknik pengambilan sampel karena merupakan sampel populasi atau sampel total. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi.
Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai minat berwirausaha siswa Kelas
X Jurusan Pemasaran SMK Negeri I Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 sebelum dan setelah
layanan bimbingan karier. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil
analisis data yang dianalisis dengan menggunakan t-test diperoleh hasil nilai t sebesar 6,881.
Selanjutnya nilai t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan db = (N - 1) = (63 -
1) = 62 pada taraf signifikansi 5% dan 1%, yaitu 2,000 dan 2,660. Jadi dapat disimpulkan bahwa
hasil t hitung lebih besar dari t tabel atau (2,000 < 6,881 > 2,660). Dengan demikian
hipotesis kerja yang menyatakan bahwa”Ada pengaruh pemberian layanan bimbingan
karier terhadap minat berwirausaha pada siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Negeri I
Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013” diterima kebenarannya baik pada taraf signifikansi 5%
dan 1%.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan, Minat Berwirausaha

PlumX Metrics

Published

2013-11-30