MEMANDIRIKAN BELAJAR ANAK TK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR

Authors

  • Lydia Ersta Kusumaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v6i3.689

Abstract

ABSTRAK : Proses pembelajaran di taman kanak-kanak juga dapat
dilakukan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan yang semua
kegiatan itu dilakukan secara terintegrasi. Sejalan dengan tujuan bimbingan,
maka guru di Taman Kanak-Kanak perlu mencermati perilaku anak didiknya
yang menjadi anak bimbingannya agar memiliki kemampuan dalam menerima
pelajaran.
Adapun faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan guru dalam memberikan
layanan bimbingan di taman kanak-kanak adalah: a) Prinsip dasar bimbingan,
b) Esensi bimbingan, c) Orientasi bimbingan, d) Konsep yang mendasari
pengelolaan bimbingan, e) bentuk layanan bimbingan, dan f) setting layanaan
bimbingan. Dengan bimbingan yang tepat dari orang tua dan guru diharapkan
anak memiliki kemandirian dalam belajar
Kata Kunci: Memandirikan, Anak TK,

Published

2013-11-20