PELAKSANAAN LAYANAN ORIENTASI TERKAIT DENGAN PENYESUAIAN DIRIPADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH ALAM SURYA MENTARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Heny Ratnawaty Wijaya
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v9i1.688

Abstract

Abstraks:Judul PenelitianPelaksanaan Layanan Orientasi Terkait dengan Penyesuaian Diri
pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta Tahun Pelajaran
2012/2013.Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pelaksanaan layanan orientasi terkait
dengan penyesuaian diri pada siswa Kelas I SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta .
2) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan
layanan orientasi terkait dengan penyesuaian diri pada siswa Kelas I SD Muhammadiyah Alam
Surya Mentari Surakarta.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi.
Keabsahan data menggunakan triangulasi data, dimana peneliti menggunakan beberapa sumber
data untuk mengumpulkan data yang sama Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif
(model saling terjalin). Adapun sebagai narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah,
guru dan orang tua siswa baru di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan
orientasi yang dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta yaitu
melalui kegiatan pemaparan program kurikulum, melakukan outbound yang diikuti oleh orang
tua dan siswa, melaksanakan kegiatan family gathering yang diisi dengan kegiatan cooking class
dan sarasehan, kegiatan ini melibatkan orang tua dan siswa secara bersama-sama, dan kegiatan
layanan orientasi yang terakhir adalah materi awal hussannah yang diisi dengan kegiatan
pengakraban antar siswa dan pengenalan guru dan lingkungan sekolah. Faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan layanan orientasi yang dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah
Alam Surya Mentari Surakarta, faktor pendukung yaitu banyaknya variasi kegiatan orientasi
yang dilaksanakan dengan melibatkan orang tua dan siswa secara bersama-sama, sedangkan
faktor penghambat berupa kurangnya sarana prasarana yang dibutuhkan dalam layanan orientasi
dan kurang adanya kerja sama orang tua murid, guru-guru dan masalah waktu.
Kata Kunci: Layanan Orientassi, Penyesuaian Diri,

Published

2013-11-20