KONSEP FILANTROPI MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI DESKRIPSI di TK ABA DI JABODETABEK)

Authors

  • Amalia Uswatun Hasanah
  • Irna Irna

Abstract

Abstrac: This research aims to determine implementation of Muhammadiyah philanthropy in curriculum documents, learning implementation, and learning evaluation in TK ABA in  Jabodetabek. This research uses descriptive qualitative approach. Data collection used triangulation concept  with observation, interview and documentation. Results of this study are: (1) The implementation of Muhammadiyah philanthropy in the curriculum or lesson planning has not been well planned. (2) The implementation of Muhammadiyah philanthropy in learning activities has been carried out well and (3) The evaluation of Muhammadiyah philanthropy implementation is carried out by institution such as reports to partner institutions, documentations in institution and child development reports

 

Keyword: Philanthropy, Muhammadiyah, Muhammadiyah Philanthropy, Early Childhood education, TK ABA

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi filantropi Muhammadiyah dalam dokumen kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran TK ABA di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan konsep triangulasi dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil : (1) Implementasi filantropi dalam kurikulum atau perencanaan pembelajaran belum terencana dengan baik. (2) Implementasi filantropi Muhammadiyah dalam kegiatan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik dan (3) Evaluasi pelaksanaan filantropi dilaksanakan oleh lembaga dengan berbagai model baik seperti laporan kepada lembaga mitra, dokumentasi di lembaga dan laporan perkembangan anak.

 

Kata Kunci : Filantropi, Muhammadiyah, Filantropi Muhammadiyah, Pendidikan Anak Usia Dini, TK ABA.

Downloads

Published

2021-07-28